PRT ini Berjuang Kuliah Hingga Cum Laude, yang Beli Ijazah Masa Enggak Malu?

Darwati (23) lulus kuliah dengan predikat memuaskan, yakni Cum Laude. Perempuan asal Desa Gunungan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini meraih predikat cum laude setelah meraih IPK 3,68. Tidak disangka Darwati ternyata berasal dari kalangan masyarakat menengah kebawah, sehingga untuk menyelesaikan pendidikannya tersebut ia harus bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) di rumah drg Lely Atasti Bachrudin sejak 16 Agustus 2010 silam.

Rupanya majikan tahu Darwati bersemangat ingin kuliah. Ia mengizinkan Darwati kuliah sambil bekerja. Dosen pembimbing Darwati, Slamet Riyono, mengapresiasi usaha mahasiswinya itu. Ia kagum karena Darwati termasuk mahasiswi yang rajin karena rela menempuh jarak 50 Km dari Grobogan ke Semarang hanya untuk belajar mata kuliah yang tidak dimengertinya.

Di sisi lain, dunia pendidikan sedang digegerkan dengan maraknya praktik jual beli ijazah. Menristek Dikti M Nasir yang melakukan sidak ke dua kampus pun menemukan ijazah palsu tersebut. Yang pertama, Nasir mendatangi Kampus STIE Adhy Niaga Bekasi . Selanjutnya ditemukan lagi praktik jual beli ijazah di University of Berkley Michigan America di Lantai 2 Gedung Yarnati, Jl Proklamasi No 44, Pegangsaan, Menteng.

 

Sumber : detikcom
Editor : Gunawan Eko Wicahyo